Proposal
Proyek Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi
I.
Executive Summary
Era globalisasi tidak hanya dibidang
perdagangan, namun menyentuh pula bidang pendidikan. Dengan semakin meluasnya
sarana komunikasi dan meningkatnya kebutuhan informasi yang transparant dan
memiliki akuntabilitas yang tinggi serta pengamanan data dan informasi yang
handal, dan dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkompeten, dimana saja, kapan
saja dan oleh siapa saja sesuai dengan kapasitasnya, maka penyelenggara
pendidikan sangat membutuhkan sistem informasi yang dapat menunjang tantangan
tersebut dalam menghadapi era tersebut.
Pihak penyelenggara atau pengelola
pendidikan, tentunya membutuhkan sistem yang dapat menjawab status dari
komponen-komponen yang terkait dengan kegiatan pengelolaan dan penyelenggaraan
pendidikan tersebut, seperti utilisasi sarana pendidikan yang tersedia,
administrasi data pendidik dan mahasiswa, sistem penjadwalan (rostering) mata
kuliah terkait dengan optimalisasi sarana kampus dan ketersediaan jadwal
pendidik, progress kegiatan belajar mengajar, realisasi pelaksanaan kurikulum
yang telah ditetapkan, informasi tentang arus kas atau transaksi keuangan yang
melekat pada kegiatan akademik baik yang rutin, ekstra kurikuler maupun
kegiatan penelitian, serta penyajian informasi kepada pihak regulator dunia
pendidikan, secara cepat, tepat dan benar.
Di pihak pendidik atau dosen, tentunya
sangat membutuhkan informasi yang terkini perihal jadwal mengajarnya dan
progres yang telah dilaksanakannya, daftar mahasiswa berikut prestasinya serta
informasi remunerasinya. Informasi-informasi tersebut tentunya sangat
diharapkan dapat diakses setiap waktu dari manapun dan dengan menggunakan media
apapun yang saat ini umum digunakan yang dimilikinya.
Demikian pula dengan para mahasiswa, merekapun
membutuhkan informasi terkini perihal jadwal perkuliahan yang harus
dipenuhinya, seperti lokasi ruangan, jam pelaksanaan perkuliahan, dosen
pengajar, tugas-tugas yang diberikan, progress dan hasil evaluasi belajar yang
telah dicapainya serta kewajiban administratif yang harus dilengkapi dan
dipenuhinya. Semua informasi tersebut dapat diperoleh setiap waktu dimanapun
dan dengan media apapun yang saat ini populer digunakan.
Dengan adanya sistem ini, maka diharapkan
dapat pula digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi kepada publik
seperti sarana dan prasarana yang tersedia serta prestasi yang dicapai.
II.
Gambaran Umum
Bisnis
A.
Visi
Tujuan
utama dari Sistem Informasi Akademik adalah meningkatkan efisiensi,
efektivitas, dan kemampuan integrasi dalam pelayanan pendidikan dan pengajaran,
mulai dari informasi sarana dan prasarana yang tersedia, informasi dosen
pengajar dan para mahasiswanya, informasi jadwal perkuliahan, informasi
ruangan, informasi progres perkuliahan dan nilai, informasi remunerasi,
informasi penelitian, dan lain sebagainya. Sistem Informasi ini berbasis web
guna kemudahan dalam mengakses informasi kapanpun, dimanapun oleh siapapun yang
berkompeten mendapat informasi yang sesuai dengan konsumsinya
B.
Misi
C.
Segmen Pasar
Segmen
pasar yang dibidik adalah:
·
Mahasiswa perguruan
tinggi yang emmbutuhkan pencerahan wawasan teknologi informasi mengenai
software tools tertentu yang akan membantu meningkatkan kualitas kemampuan
akademiknya
·
Perguruan tinggi
D.
Profit Bisnis
Profit yang didapatkat bisnis ini dari pemesanan
pembuatan sistem infomasi akademk serta pemeliharaan sistem tersebut.
E.
Diferensiasi
Bisnis Bidang-bidang
Pekerjaan
yang diajukan meliputi analisa kebutuhan, perencanaan sistem sesuai kebutuhan,
pembuatan modul aplikasi, install, finishing, pelatihan, pendampingan selama 2
(dua) semester dengan asumsi awal semester pada saat pendaftaran mahasiswa baru
dan kenaikan tingkat semester berikutnya. List module yang akan dikerjakan
sebagai berikut:
1.
Biro Administrasi
Kemahasiswaan
a.
Daftar Ulang Mahasiswa
Lama dan Registrasi Mahasiswa Baru
b.
Entry Hasil Cek
Kesehatan, Psikotest, Ujian Masuk, TOFEL bagi Mahasiswa Baru
c.
Pembukaan kelas, Mata
Kuliah per-semester
d.
Perwalian Pengambilan
Mata Kuliah
e.
Entry Evaluasi Hasil
Pembelajaran
f.
Pembahasan akhir semester
g.
Report Hasil Evaluasi
h.
Laporan BAK per-semester
i.
Status Mahasiswa
j.
Info Aturan Akademik
serta Prosedurnya
2. BAUK
/ Administrasi Jurusan
a.
CV Dosen dan staff
b.
Monitoring Kehadiran
Mahasiswa dan Dosen
c.
Penjadwalan Perkuliahan
d.
Penjadwalan Skripsi/Tugas
Akhir dan Evaluasinya
e.
Pembayaran SPP
f.
Pembayaran dosen LB dan
lembur staff
F.
Jadwal Pelaksanaan
i.
Estimasi Waktu
Berikut adalah Gant Chart dari waktu pengerjaan
pembuatan sistem informasi kegiatan akademis berbasis sms gateway dengan
auto responder.
GANTCHART
Kegiatan
dan
waktu
pelaksanaan
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Analisis
Kebutuhan
|
||||||||||||
Design
fungsi
|
||||||||||||
Pemrograman
|
||||||||||||
Pengujian
|
||||||||||||
Instalasi
|
||||||||||||
Pelatihan
|
||||||||||||
Pemeliharaan
|
||||||||||||
Dokumentasi
|
ii.
Diagram Network
iii.
Jalur Kritis
iv.
Schedule
G.
Sumber Daya
Manusia
Tenaga
kerja atau staff yang terlibat dalam proyek pengembangan sistem ini adalah :
1. Sistem
analis : berperan dalam proses menganalisis kebutuhan sistem sesuai dengan
kebutuhan klien dan user, selain itu juga merencakan pembuatan sistem.
2. Desainer
: mendesain rancangan sistem yang telah dibuat oleh sistem analis, baik itu
proses maupun tampilan.
3. Programmer
: membangun sistem seusai dengan desain yang telah dibuat oleh desainer.
III.
Potensi Bisnis
a.
Kondisi Pasar
Bisnis
b.
Persaingan Saat
Ini
IV.
Rencana Bisnis
a.
Target Bisnis
Sistem
yang dirancang dimaksudkan untuk:
1. Paperless
office, semua data dilakukan entry dalam satu
server dan diolah dengan basis system management sesuai yang dirancang, serta
dapat diakses oleh semua dengan batasan user ID dan password.
2.
2.
Bersifat easy to access, dikarenakan sistem yang dirancang web based dan mobile
based.
3.
Data terpusat untuk
menjaga konsistensi kandungan informasi yang selalu up to date dan
hanya personel tertentu yang dapat melakukan update.
4.
Peningkatan pelayanan
kepada mahasiswa sebagai user mendapat haknya untuk mudah mendapatkan
informasi.
5.
Kelancaran sistem
administrasi, ketersediaan data yang terkini akan didapatkan.
6.
Pengembangan untuk
menambah fitur-fitur selanjutnya sangat mungkin diterapkan.
7.
Keamanan data yang
menjadi perhatian utama setelah sistem dijalankan.
8. Upgradeable,
sistem dirancang untuk dapat di-upgrade secara modular dan sistematis
9. Auditable,
sistem dirancang dengan sistem audit trail, yang akan mengetahui dan melacak
ada kesalahan disaat input data dilakukan hingga item yang berubah serta pola
waktu yang terjadi.
b.
Kegiatan Usaha
1. Pengelolaan
dan informasi data sarana dan prasarana kampus; fasilitas ruangan,
laboraturium, dll.
2. Pengelolaan
dan informasi data pengajar; data pribadi, NIDN, kompetensi, jadwal mengajar.
3. Pengelolaan
dan informasi data mahasiswa, data pribadi, jadwal perkuliaahan, prestasi
akademik.
4. Pengelolaan
dan informasi mata kuliah.
5. Pengelolaan
dan informasi progress kegiatan ajar mengajar; absensi, reassignment, pengajar
dan ruangan, tugas, penelitian, UTS, UAS, tugas akhir.
6.
Pengelolaan dan informasi
progress prestasi pengajar dan mahasiswa.
c.
Strategi Bisnis
1.
Tahap awal membuka bisnis
ini dengan membuka jaringan kerjasama yang luas dengan lembaga-lembaga serupa
baik dari pemerintah maupun swasta.
2.
Memberikan promosi bagi
perusahaan atau instansi-instansi yang terkait dengan kegiatan perusahaan kami.
3.
Adanya tenaga ahli yang
profesional.
4.
Menjalin kerjasama dengan
pengelola bisnis profesional dibidang teknologi informasi seperti; IPKIN
(Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia), APJII (Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), dan berbagai vendor dibidang ITE.
5.
Pelayanan yang nyaman
serta terpadu dengan mengoptimalkan kualitas produk ditunjang oleh komitmen
dalam masalah waktu yang sesuai dengan perjanjian.
6.
Promosi bisnis yang terus
berkembang dengan membuka website yang dapat memfasilitasi konsumen untuk
mendapatkan segala informasi tentang perusahaan ini.
d.
Resiko
1.
Resiko terbesar adalah
dana awal (modal) yang besar, hal itu terlihat pada proses pemilihan karyawan
yang memiliki kemampuan yang bisa dibilang advance sehingga gajinya juga
lumayan besar.
2.
Menjamurnya perusahaan
yang sama dan berkembangnya ilmu pengetahuan di dalam masyarakat menjadikan
mereka dapat membuat media sendiri dengan mudah.
3.
Perubahan teknologi yang
semakin cepat sehingga para karyawan perusahaan perlu meningkatkan kemampuan
diri.
e.
Antisipasi Resiko
1.
Kerjasama dengan tawaran
yang menarik.
2.
Memperluas kerjasama.
3.
Mencari tenaga ahli
alternati dengan gaji sesuai.
V.
Tawaran Inventasi
dan Kerjasama
Berdasarkan hasil
pembicaraan kita di ITS Surabaya pada tanggal 30 Juli 2008 maka pengembangan
website ini akan mereferensi pada Sistem Informasi Manajemen yang telah ada
sekarang.
a. Perhitungan
Biaya
Biaya untuk
pengerjaan proyek ini adalah sebagai berikut:
Application
Development
·
SIM Development Rp. 17.500.000,-
·
Maintenance Rp. 2.500.000,-
b. Biaya
tersebut belum termasuk:
·
10% PPN
·
Biaya pihak ketiga
seperti lisensi software pihak ketiga*
·
Biaya pembelian hardware
dan instalasi hardware*
·
Biaya perjalanan, uang
saku dan akomodasi luar kota*
* Jika
diperlukan
c. Biaya
tersebut sudah termasuk:
·
Biaya pengembangan
website dan lisensi pengunaan tak terbatas
·
Dokumentasi.
·
Biaya perawatan dan
garansi sampai dengan September 2009.
Pembayaran biaya Development dilakukan dalam 2 (dua)
tahap, yaitu sebagai berikut:
1.
Termin
I sebesar 60%, dibayarkan setelah penandatanganan kontrak kerja.
2.
Termin
II sebesar 40%, dibayarkan setelah penandatanganan penyelesaian kontrak kerja
dan masa penjaminan perangkat lunak berakhir.
VI.
Penutup
Demikianlah
proposal pengerjaan proyek pembuatan aplikasi sistem informasi akademik sekolah
ini kami sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya
untuk memperlancar kegiatan akademik di sekolah-sekolah. Dengan harapan
agar sekolah-sekolah di Indonesia dapat lebih maju dan bisa bersaing dalam
bidang teknologi.
Terima kasih Kak. artikelnya sangat membantu dan bermanfaat sekali.
BalasHapusKenalkan nama saya robuna kusmawati dari ISB Atma Luhur