counter

Rabu, 05 Juli 2017

Penerapan operasi boolean pada objek di blender


 onstructive Solid Geometry (CSG) boolean pada objek di blender

Constructive Solid Geometry (CSG) adalah suatu teknik yang digunakan dalam solid modeling serta sering kali namun tidak selalu, digunakan dalam komputer grafis 3D dan CAD. CSG memungkinkan modeler untuk membuat objek atau permukaan yang kompleks dengan menggunakan operator Boolean untuk menggabungkan objek tersebut. Dalam beberapa kasus, CSG ditampilkan dalam jaring-jaring polygonal dan mungkin juga prosedural atau parametrik.

Benda padat yang paling sederhana untuk ditampilkan disebut primitif  yang biasanya berbentuk objek sederhana seperti kubus, prisma, silinder, piramida, bola dan kerucut.
Sebuah objek dibangun dari sebuah primitif dengan cara operasi boolean yang terdiri dari union, intersection, dan difference. Dan berikut ini adalah pembuatan CSG dengan operasi Boolean menggunakan software Blender.
Boolean Difference(Pengurangan) Difference adalah objek yang dihasilkan dari pengurangan
caranya
Caranya : Modifier > Boolean > Seleksi salah satu objek (cube) >pilih difference > pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (sphere) >Klik Apply

Objek yag berberda







objek yang sama





Boolean Union(Penggabungan)
Union adalah membuat dua objek menjadi satu kesatuan objek sehingga dapat dilakukan manipulasi seperti pada satu objek.
Caranya  : Modifier > Boolean > Seleksi salah satu objek (cube) >pilih union > pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (sphere) >Klik Apply


Objek yang sama



Boolean Intersection(Persinggungan)
Intersection objek dibuat menjadi sebuah objek yang mengandung semua bagian dimana kedua objek saling berpotongan.
Caranya : Modifier > Boolean > Seleksi salah satu objek (cube) >pilih intersect > pilih dengan objek apa yang ingin digabungkan (sphere) >Klik Apply
Seperti gambar berikut




Objek yang sama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar