GAME MAZE RUNNER POCONG
(Labirin)
Nama
Kelompok :
Rizma
Dwicahyaningsih 59414734
Arya Armadan
51414711
Dewi Raffayanti F 52414883
Labirin (maze) merupakan permainan yang sudah tidak asing
di telinga kita. Labirin adalah jaringan jalan yang rumit dan berliku-liku.
Sejak zaman dahulu, labirin telah digunakan dalam berbagai kepentingan, mulai
dari proteksi keamanan hingga hiburan. Pada umumnya, labirin dibuat untuk
tujuan hiburan. Dalam kehidupan nyata, labirin dapat ditemukan pada susunan
jalan kecil atau gang-gang dikawasan perumahan. Sangat sulit bila seseorang
yang asing dengan daerah tersebut untuk mencari jalan. Bila seseorang
mengetahui metode untuk keluar dari sebuah labirin, maka mereka dapat dengan
mudah mengatasi kesulitan yang dirasakan.
Game Maze Runner Pocong
ini merupakan permainan labirin untuk anak-anak maupun dewasa yang mempunyai
adrenalin tinggi dalam mencari sebuah jalan keluar. Tujuan dari permainan ini
adalah pemain harus menemukan jalan keluar dari sebuah pintu masuk menuju ke
pintu keluar. Game ini dibuat dengan menggunakan software Blender dan Unity.
Berikut penjelasan tentang
game ini :
Pada tampilan awal diatas
merupakan tampilan menu awal dari game ini, terdapat beberapa menu yaitu menu
start untuk memulai bermain, how to play untuk mengetahui bagaimana cara
bermainnya, credit untuk mengetahui pembuat game dan exit untuk keluar dari
permainan.
Pada menu start diatas
merupakan tampilan awal saat memulai untuk bermain labirin ini. terdapat 2 buah
menu yaitu restart untuk memulai kembali permainan dan main menu untuk kembali
ke menu awal.
Tampilan diatas merupakan
tampilan saat berada didalam sebuah labirin dan mulai mencari jalan keluar dari
labirin tersebut.
Pada menu how to play diatas
terdapat informasi bagaimana cara memainkan permainan ini. Game Maze Runner
Pocong ini dengan cara menggerakkan keyboard numpad (atas, bawah, kanan, kiri)
dan menemukan jalan keluar dari labirin tersebut.
Pada menu credit diatas
terdapat informasi siapa saja pembuat game ini, yaitu Arya Armadan, Rizma Dwi
Cahyaningsih dan Dewi Rafayanti F.
Dalam permodelan tempat
atau labirin disini kita menggunakan software Blender. Berikut langkah-langkah
dari pembuatan labirin ini :
Dalam membuat labirin yang
dibutuhkan adalah sebuah object cube. Kemudian bentuk cube menjadi pipih
seperti lanntai dasar pada labirin caranya kita tekan shortcut S lalu tekan Z
untuk memipihkan dan tekan Y atau X untuk melebarkannya seperti gambar diatas.
Setelah itu kita seleksi
cubenya, kemudian tekan Ctrl+R dan scroll sampai membentuk kotak-kotak sesuai
dengan yang diinginkan.
Selanjutnya, untuk membentuk dinding
- dinding labirin kita ke edit object terlebih dahulu kemudian seleksi kotak - kotak
yang akan di extrude sumbu Z. Caranya dengan tekan shortcut E lalu tarik ke
sumbu Y sehingga terbentuk seperti gambar diatas.
Dalam pembuatan game ini, juga
terdapat beberapa texture pendukung dari game ini supaya terlihat lebih nyata.
Kita menambahkan texture untuk atap (gambar paling kiri), texture rumput untuk
tanah/pijakannya (gambar tengah) dan texture batu bata untuk bagian dinding
labirin (gambar paling kanan).
Setelah model labirin
dibuat dalam software Blender, kemudian langkah selanjutnya yang kita gunakan
adalah standar asset dari Unity, kita tinggal mendrag ke asset lalu kita
gerakkan, serta membuat lokasi dan alur dari game labirin ini.
Kemudian kita membuat tampilan
menu button, seperti gambar dibawah.
Adapun script yang digunakan
dalam membuat game Maze Runner Pocong ini yaitu sebagai berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar