Pada
kesempatan ini, kami dari kelompok 7 Grafik Komputer 3IA09 mau menunjukkan
pembuatan grafik computer mengenai pencahayaan lampu pijar pada objek. Pembuatan
grafis kami menggunakan perangkat lunak Blender. Objek yang kami buat selain
lampu pijar tersebut adalah apel dan meja, yang mana semuanya terdapat pada
satu ruangan. Berikut pembahasan pembuatan.
- Pembuatan ApelPembuatan bentuk apel didasari oleh obyek UV Sphere yang mana sisi dan rusuk di bagian pusat atasnya telah diseleksi (menggunakan Edit Mode) untuk ditarik ke dalam UV Sphere berdasarkan sumbu Z-nya atau dengan tekan G Z. Hal tersebut sehingga membentuk suatu apel dengan sedikit lengkungan ke dalam di tengah atasnya.
Jangan lupa untuk menambahkan warna pada obyek-obyek yang telah kami buat menggunakan fitur Material pada Blender agar dapat mudah mengenali paparan cahaya maupun bayangan pada obyek tersebut. Misalnya untuk obyek apel tadi, kami seleksi (menggunakan Object Mode), kemudian kami tambahkan warna dengan buka jendela Properties, pilih tab Material dah pilih warna merah yang diinginkan pada isian warna Diffuse. - Pembuatan MejaObyek meja yang kami buat adalah meja bundar dengan satu kaki, yang didasari bentuk silinder (cylinder).
Setelah silinder ditambahkan, atur agar menjadi bentuk meja proporsional dengan menekan S serta pengaturan tingginya menggunakan S Z.
Dengan menggunakan Edit Mode, kami seleksi seluruh permukaan bawah silinder lalu tekan s dan menariknya ke arah pusat. Gunanya untuk membuat perpotongan pada sisi-sisi bawah yang melingkar tersebut.
Seleksi hasil-hasil perpotongan tersebut yang membentuk lingkaran, lalu di-extrude untuk dipanjangkan dengan tekan E sehinggga membentuk tiang meja bundar-nya. - Pembuatan Ruangan
Obyek yang kami butuhkan untuk pembuatan ruangan dalah Plane yang pada dasarnya sudah bisa dianggap sebagai lantai ruangan.
Kemudian untuk membuat dinding-dinding ruangan tersebut, kita seleksi rusuk kanan, kiri, dan belakangnya, lalu tekan E (untuk extrude) dan menariknya ke atas (dapat dilakukan dengan G Z). Apabila sudah terbentuk dindingnya, ketiga rusuk di atas nya kita seleksi, kemudian dibentuk sisi baru dengan tekah F (face). - Pembuatan Lampu PijarSebelum membuat lampunya, kami buat terlebih dahulu gangang lampu-nya dengan menggunakan curve > bezier lalu kita bentuk melekung seperti gagang lampu maka hasilnya akan seperti gambar berikut.
Kemudian untuk pembuatan lampunya sendiri, kamu gunakan objek UV Sphere namun UV Sphere yang sebelumnya berupa bola proporsional, kami buat lebih lonjong seperti telur dengan mengubah ukurannya berdasarkan sumbu Y (dengan tekan S Y). Kita dapat perhalus lengkuangan obyek dengan memberi centang untuk Smooth pada pengaturan properties.
Agar objek makin telihat seperti bohlam, kami bentukkan juga bagian untuk pengait bohlam-nya dengan seleksi sisi-sisi ujung atas UV Sphere, kemudian di tarik ke atas berdasarkan sumbu Z menggukan extrude (dengan tekan E Z).
Kemudian dibentukkan agar ujung pengait tadi sedikit lebih lebar dengan seleksi sisi-sisi atas untuk pengait, lalu dilebarkan dengan S (atau bisa juga S Y).
Diatur agar warna dasar-nya lampu adalah putih dengan membuka properties, pilih tab Material, lalu pada pengaturan Diffuse, pilih warna putih yang diinginkan kalu klik tombol + untuk didaftarkan pada daftar warna yang digunakan.
Karena obyek ini nantinya harus dapat memancarkan cahaya, diatur propertiersnya pada bagian Lamp, lalu pilih Point agar yang memancarkan cahaya berupa suatu titik. Sedangkan pada bagian Shadow, dipilih Ray Shadow agar paparan dari sumber cahaya yang kami buat memungkinkan untuk membuat bayangan. - Pengaturan Letak ObjekAtur agar apel berada tepat diatas meja, apel dan meja berada di tengah ruangan, serta lampu berada di tengah dinding belakang ruangan dengan memindah-mindahkan obyek dengan G X/Y/Z, tergantung perpindahan obyek akan berdasarkan sumbu apa.
- RenderingJika obyek-obyek sudah terbentuk dan terposisikan dengan baik, file dapat segera di-render. Hasilnya akan seperti gambar dibawah, dimana lampu bersinar dari suatu titik cahaya yang mana cahaya tersebut memantul ke objek-objek yang yang terpapar cahaya langsung darinya, seperti dinding-dinding, apel, dan sebagian sisi atas meja bundar. Sedangkan pada bagian yang terhalang dari paparan cahaya, misalnya pada sebagian lantai di bawah meja bundar, akan terbentuk bayangan hitam yang dari meja bundar tersbeut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar